15 Juni 2013

 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Grobogan menyarankan kepada instansi pemerintah dan swasta supaya menyiapkan alat pembaca kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

Pasalnya, seiring di­berlakukan penggunaan E-KTP, maka alat pembaca kartu tersebut mutlak diperlukan karena bersifat online.

’’Kami memang secara kewenangan belum bisa memberikan arahan terkait penyiapan alat tersebut. Belum ada pelimpahan wewenang untuk melakukan imbauan. Namun, yang pasti, manfaat E-KTP ke depan sudah bersifat online. Oleh karena itu, bisa saja instansi pemerintah dan swasta mulai ancang-ancang untuk mempersiapkan alat pembaca E-KTP,’’ kata Kepala Dispendukcapil Grobogan, Rochadi SH, didampingi Kabid Kependudukan Masrikan, kemarin.

08 Desember 2014

 

Setelah hampir 27 tahun, Perusahaan Air Minum (PDAM) Kabupaten Grobogan pada 2013 mulai bisa menyetor laba ke Kasda Pemkab. Bahkan, perusahaan itu juga bisa melunasi utangnya kepada pemerintah pusat dan dinyatakan sehat oleh Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM). ''Tahun 2013 ini, kami mengalami laba. Laba tersebut akan kami setor ke Kasda tahun 2014. Nilainya sekitar Rp 500 juta,'' kata Direktur PDAM Grobogan, Ir H Ady Setyawan SH, kepada Suara Merdeka, Kamis (13/6). Dijelaskan, utang PDAM kepada pemerintah pusat sekitar Rp 20,7 miliar. Utang itu terinci pada utang pokok Rp 6,6 miliar dan utang nonpokok (bunga dan denda) sebesar Rp 14,1 miliar. Oleh pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, utang nonpokok dihapus kerena prestasinya cukup baik. ''Utang pokok PDAM sudah lunas Desember 2011, sehingga tahun 2013 ini, PDAM Grobogan memiliki laba,'' jelas Ady.

06 Juni 2013

 

Bulog berhasil menyerap beras hasil panen musim tanam pertama (MT-I) tahun 2013 sebanyak 20.950 ton. Penyerapan yang cukup tinggi tersebut dikarenakan kualitas panen padi MT-I di Kabupaten Grobogan cukup baik, yaitu rata-rata 7 ton per hektare.

”Jika melihat kondisi tanaman padi di beberapa kecamatan yang ada, dari prognosa 30.000 ton tahun pengadaan 2013, kami optimistis bisa tertutup pada panen MT-II nanti,” kata Kepala Gudang Bulog 104 Depok Purwodadi, Teguh Widhiyanto SH didampingi Koordinator Ujastasma (Uji Analisa Kualitas Beras Masuk) Aris B, kemarin.

08 Juni 2013

 

Produk hortikultura termasuk buah-buahan dari luar negeri belakangan ini semakin membanjiri Indonesia. Menyikapi hal itu, petani di Indonsia dituntut berani bersaing, baik dari segi kuantitas, kualitas, kontinuitas maupun harga. Hal ini karena konsumen semakin menuntut produk yang bermutu, aman konsumsi dengan harga yang kompetitif.

"Dengan adanya Argo Expo 2013 yang dilakukan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinpertan THP) Grobogan, saya harapkan dapat memacu semangat kita untuk senantiasa mencari inovasi atau hal-hal yang baru yang mampu meningkatkan daya saing bangsa dalam usaha meningkatkan produk dan kualitas hortukultura," kata Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian yang dibacakan Direktur Budidaya dan Pasca Panen, Ir Rahman Pinem MM pada acara Agro Expo 2013 di Komplek Kantor Dinpertan TPH Grobogan, Jumat (7/6).

03 Juni 2013

 

Dalam rangka melaksanakan program Hibah Air Minum untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan mengusulkan sebanyak 2.204 sambungan rumah (SR) baru.

Usulan tersebut untuk memperoleh bantuan hibah dari AusAID. Hal ini dikemukakan Direktur PDAM Ir H Ady Setyawan SH, kemarin. Usulan itu tersebar di tujuh desa di wilayah Kecamatan Purwodadi, yaitu Desa Nglobar (300 SR), Nambuhan (800 SR), Genuksuran (200 SR), Putat (304 SR), Cengkrong (200 SR), Kedungrejo (142 SR), Dusun Dadabong, Desa Ngraji (153 SR) dan satu dusun di Kecamatan Toroh, yaitu Dusun Sendangsari, Desa Tambirejo (100 SR).