penyuluhan batik 1Dengan dilatar belakangi semakin pesatnya kemajuan teknologi dan akan diterapkannya pasar bebas ASEAN / MEA 2016 maka sudah seharusnya sumber daya manusia harus ada peningkatan agar dapat bersaing dan berkompetisi dengan yang lain. Melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah sesuai Perbup No. 42 Tahun 2008 yang mempunyai tugas pokok, fungsi, uraian tugas jabatan dan tatakerja yang mempunyai fungsi sebagai perencana pembangunan di semua sektor pembangunan di Kabupaten Grobogan. Kebijakan pembangunan Kabupaten Grobogan secara umum ditujukan dalam rangka mencapai visi pembangunan Kabupaten Grobogan 2011 – 2016 yaitu ”Terwujudnya Kabupaten Grobogan sebagai daerah industri dan perdagangan yang berbasis pertanian, untuk mencapai masyarakat yang sehat, cerdas dan lebih sejahtera” dengan upaya yang dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan menuju pada kemakmuran masyarakat Kabupaten Grobogan.

Pola dan arah pembangunan ekonomi pada berbagai tingkatan Pemerintah telah mengalami perubahan-perubahan yang bersifat substantive semenjak berakhirnya orde baru. Perubahan tersebut mengarah pada pemberdayaan masyarakat lebih besar. Pembangunan tidak lagi dilihat sebagai tanggung jawab pemerintah saja, tetapi secara luas merupakan tanggungjawab masyarakat, mengingat kemampuan pemerintah yang terbatas dalam mengatasi permasalahan-permasalahan di bidang pembangunan ekonomi daerah. Dengan diberlakukannya UU no. 22 Tahun 1999 dan diperbaharui dengan UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah adalah indikasi nyata bahwa mekanisme pembangunan dengan adanya peran serta di berbagai pihak.

Disamping itu Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah juga mempunyai peran yang sangat strategis sebagai Ketua Forum Pengembangan Ekonomi dan Sumber Daya (FPESD) ataupun Forum For Economic Development And Employment Promotion (FEDEP) yaitu forum forum pengembangan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang mempunyai peran yang sangat strategis di dalam Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) secara nyata di masyarakat. Hal ini seiring dengan deberlakukannya pasar bebas Asia (MEA) mendatang dan juga merupakan salah satu program di nawacita Presiden Republik Indonesia yang antara lain berisi meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestik;

Bidang Ekonomi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah merupakan salah satu bidang yang mempunyai peranan dalam perencanaan dan penyedian data potensi bidang ekonomi kaitannya dengan perencanaan pembangunan bidang ekonomi secara luas di wilayah dan perencanaan bidang Ekonomi, dalam pengembangan ekonomi lokal di kabupaten Grobogan.Dalam upaya peningkatan peran pengembangan ekonomi dan sumber daya melalui pengembangan ekonomi lokal pada bidang industri batik akan kita coba pengenalanya melalui media online

Batik Grobogan yang mulai diperkenalkan pada Tahun 2004, dalam perkembanganya mengalami pasang surut. Mengenalkan motif berbagai tanaman di kabupaten Grobogan mulai dari tanaman jagung, padi, melon, terong, pohon jati, ketela, bambu dan juga motif2 wisata seperti Bleduk Kuwu dalam perkembanganya mulai digemari warga Kabupaten Grobogan pada khususnya. Batik Grobogan juga telah dibawa dan deperkenalkan pada berbagai event pameran diberbagai kota di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo, Magelang, Pekalongan dan Juga di luar Propinsi Jawa Tengah yaitu Kota Jogjakarta dan Jakarta.

Terdiri dari sekitar 30 KUB (kelompok usaha bersama) batik dengan jumlah pengrajin sekitar 350 orang yang dibina dan selalu didukung perkembangnya oleh stakeholder terkait seperti Disperindag dan Tamben, Dinkop dan UMKM, Bagian Ekonomi Setda, PKK Kab Grobogan serta Bappeda Kabupaten Grobogan melalui FEDEP sebagai forum pengembangnya melalui klaster yang ada.

Setelah hampir 10 Tahun lebih walaupun mengalami berbagai kendala dalam pengenalan dan pemasarannya perkembangannya melalui FEDEP Bappeda Kabupaten Grobogan mengadakan sosialisasi terhadap KUB yang ada di Kabupaten Grobogan dan akan mengenalkan batik Grobogan via media online melalui website dan juga media sosial OLX yang telah terbukti banyak pengunjung dari berbagai wilayah. Sehingga sangat diharapkan ke depannya batik Grobogan lebih dikenal diberbagai daerah di Jawa Tengah khususnya dan Indonesia serta manca negara pada umumnya. Untuk selanjutnya diharapkan dapat mengangkat taraf hidup pengrajin pada khusunya dan akan mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Grobogan.

Media pengenalan melalui OLX Indonesia, silahkan di klik DI SINI