pelatihan a1Untuk meningkatkan kompetensi SDM anggota klaster batik di Kabupaten Grobogan Bappeda Bidang Ekonomi menyelenggarakan pelatihan media online pada hari Selasa tanggal 20 Oktober 2015. Pelatihan yang bertempat di Aula Bappeda lantai 3 dan dihadiri 30 orang anggota klaster dari berbagai KUB batik di wilayah Kabupaten Grobogan dibuka oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Grobogan bapak Muljadi, S.Sos, MM.

Dengan diadakannya pelatihan ini Sekretaris Bappeda berharap ada peningkatan sumber daya dalam memahami peran IT untuk pengenalan dan peningkatan pemasaran produk batik di masa yang akan datang. Pelatihan dengan narasumber Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Perhubungan, Informasi dan Komonikasi Kabupaten Grobogan beliau bapak Mujahid Fadlil, S.Sos, M.Si, dengan materi penyampaian pengenalan dan pemasaran produk melalui media online beliau menggaris bawahi kejujuran adalah penting untuk dapat diterima di pasar dunia maya atau online. Karena antara penjual dan pembeli tidak bisa saling bertemu sehingga kejujuran kepercayaan disini sangat diutamakan. Lebih lanjut belau menyampaikan untuk penataan website ke depannya diharapkan lebih bagus dari saat ini sehingga mempengaruhi minat pengunjung online.

pelatihan b1Pelatihan Media Online yang diadakan Subid Sarana Prasarana Ekonomi Bappeda ini juga karena didasari dengan pemikiran dan pertimbangan :

  1. Lokasi usaha Industri sebagian besar tidak berada dalam satu wilayah administratif.
  2. Adanya kecenderungan untuk merubah konsep pembinaan sektor industri ke arah yang lebih baik dan tepat sasaran.
  3. Masih sering ditemukannya persaingan antar usaha sejenis, sehingga bargaining power terhadap suplier dan buyer menjadi rendah yang pada gilirannya usaha yang dijalankan sulit dipertahankan.
  4. Perlunya jaringan pengenalan dan pemasaran yang kuat pada suatu produk agar dapat dikenal secara luas diantarannya melalui konsep pengenalan melalui jaringan online.
  5. Masih sering ditemukannya hambatan administrasi dan otorisasi dari institusi pengambil kebijakan.
  6. Adanya kecenderungan semakin melemahnya motivasi berusaha dikalangan pelaku usaha sebagai dampak belum membaiknya kondisi ekonomi makro yang ada saat ini.

pelatihan c1Dengan harapan setelah menerima pelatihan media online dapat mengangkat industri yang potensial seperti batik di Kabupaten Grobogan menjadi industri unggulan yang memiliki daya saing tinggi sehingga dapat bersaing dipasaran domestik, nasional dan Internasional melalui website atau Media Online. Dengan demikian, keberadaan Klaster Batik ke depan dapat berdaya guna secara optimal untuk memacu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Grobogan dan mewujudkan masyarakat Jawa Tengah yang semakin sejahtera, mandiri, berkembang, berkemampuan, dan berdaya saing tinggi. (Subid Sarpras Ekonomi Bappeda 2015).