audienceBertempat di Gedung Riptaloka kompleks Setda Grobogan, Bupati Sri Sumarni, SH, MM memberikan sambutan serta membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016 - 2021. Acara ini di hadiri oleh Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, S. Sos., beserta segenap Forum Pimpinan Daerah (Forkompinda), Sekretaris daerah, dan para asisten setda kabupaten grobogan; staf ahli bupati; kepala badan, dinas, instansi, kantor, bagian, dan camat se-kabupaten Grobogan; ketua dharma wanita persatuan Kabupaten Grobogan; perwakilan perguruan tinggi, asosiasi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi profesi, organisasi wanita dan organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Grobogan.


Secara ringkas dalam sambutannya Bupati Grobogan Sri Sumarni, SH, MM memaparkan sebagai berikut:
MUSRENBANG kali ini dilaksanakan dalam rangka Penyusunan RPJMD Kabupaten Grobogan Tahun 2016 – 2021. RPJMD merupakan penjabaran dari Visi, Misi dan Program Bupati yang memuat tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan pembangunan daerah selama lima tahun, yang merupakan perwujudan janji politik Bupati dan Wakil Bupati pada saat Kampanye sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Kabupaten Grobogan, dengan berpedoman pada RPJMD dan RTRW Kabupaten Grobogan, mengacu RPJM Nasional serta memperhatikan RPJMD dan RTRW Provinsi dan Kabupaten sekitarnya.

Untuk mewujudkan sasaran pembangunan Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021, maka kebijakan dan prioritas pembangunan yang ditetapkan dalam RPJMD ini diharapkan dapat mewujudkan Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021. Adapun Visi Pembangunan Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021 adalah :

Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Grobogan yang Sejahtera Secara Utuh dan Menyeluruh”.

Untuk mewujudkan Visi Pembangunan Kabupaten Grobogan, maka dirumuskan 9 (sembilan) Misi Pembangunan Kabupaten Tahun 2016-2021, yaitu :

  1. Membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan-jembatan, perhubungan, perumahan-pemukiman, dan sumberdaya air
  2. Meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan
  3. Pengembangan ekonomi kerakyatan bidang UMKM, industri, perdagangan, koperasi dan pariwisata
  4. Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan pemberdayaan masyarakat, keolahragaan, kepemudaan, KB dan pelayanan sosial dasar lainnya
  5. Mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan peningkatan penyerapan tenaga kerja
  6. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik
  7. Meningkatan kelestarian sumberdaya alam, lingkungan hidup dan kualitas penataan ruang
  8. Meningkatkan penghayatan nilai-nilai keagamaan dan pelestarian budaya masyarakat
  9. Meningkatkan pemerataan pendapatan, pembangunan antar wilayah, kesetaraan gender, perlindungan anak dan penanggulangan kemiskinan.

Bupati menyampaikan bahwa Visi dan Misi di atas masih bersifat sangat makro dan belum operasional, sehingga harus diturunkan atau dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, sampai dengan program prioritas. Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah dan tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Diperlukan sinergi, kolaborasi, diskusi, serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui, termasuk Musrenbang RPJMD.
Karena itulah,kegiatan Musrenbang – RPJMD ini sangat penting karena merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan RPJMD Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021.

bupati“ Kami berharap forum ini dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan penyempurna-an terhadap rancangan RPJMD tersebut. Saran, masukan, arahan dan kritik yang membangun sangat kami harapkan, sehingga pada akhirnya hasil MUSRENBANG-RPJMD yang kita selenggarakan pada hari ini, benar-benar menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan lima tahunan yang dapat mendukung pencapaian visi kami tersebut. ”, pesan Bupati Sri Sumarni SH, MM ketika hendak secara resmi membuka kegiatan Musrenbang – RPJMD Tahun 2016.