pesertaSenin, 25 Agustus 2016 bertempat di Ruang Rapat Hotel Dana Solo, Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Sugiyanto, SH, MM memberikan sambutan serta membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Strategis (Renstra)-SKPD Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021. Pelaksanaan Bimtek ini dihadiri oleh seluruh pejabat/staf yang menangani perencana kegiatan masing-masing skpd se-kabupaten grobogan (dinas/instansi, bagian dan 19 kecamatan), terbagi dalam 2 tahap. Tahap i tanggal 25 sd 27 Agustus 2016 dan tahap ii tanggal 29 sd 31 Agutus 2016. Secara ringkas dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Sugiyanto, SH, MM memaparkan sebagai berikut:

kegiatanPenyusunan Rencana Strategis SKPD (atau Renstra – SKPD) merupakan hal yang sangat penting dan strategis karena merupakan breakdown dari visi misi Pemerintah Daerah yang tertuang dalam RPJMD dan RKPD. Renstra SKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah. SKPD untuk periode 5 (lima) tahun, dengan mengacu kepada dokumen RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Renstra SKPD mencakup arah kebijakan yang akan dicapai SKPD dalam 5 tahun kedepan, yang memuat tentang visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan indikatif SKPD, yang ditetapkan dengan keputusan Kepala SKPD. Hal ini merupakan dasar bagi akuntabilitas dari SKPD dalam lima tahun ke depan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kualitas Renstra yang disusun sangat ditentukan oleh kemampuan SKPD untuk menerjemahkan, mengoperasionalkan dan mengimplemetasikan visi, misi dan agenda KDH, tujuan, strategi, kebijakan dan capaian program RPJMD ke dalam penyusunan Renstra SKPD sesuai TUPOKSI. Dengan alasan itulah, maka Bimbingan Teknis ini menjadi momen yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi aparatur perencanaan di level SKPD.

setda”Saudara-saudara kami harap bisa mengikuti Bimtek ini dengan penuh tanggungjawab. Ikuti bimbingan dari Instruktur dengan penuh konsentrasi, dan tanyakan apabila ada yang kurang bisa dipahami ataupun kurang jelas. Saudara diharapkan sudah bisa menyelesaikan Draft Final Renstra-SKPD Saudara ketika Saudara menyelesaikan Bimtek ini.”, pesan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Sugiyanto, SH, MM sesaat sebelum membuka secara resmi kegiatan Bimtek Renstra-SKPD di Ruang Rapat Hotel Dana Solo.